SELAMAT DATANG di SMK GRAFIKA PGRI PAKIS KABUPATEN MALANG

Minggu, 21 Desember 2014

DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI GRAFIKA


[_MG_0049.JPG]
http://www.maharprastowo.com/

DAMPAK PERKEMBANGAN 
TEKNOLOGI GRAFIKA TERHADAP PENDIDIKAN GRAFIKA
Industri grafika memiliki peran  penting  dan luas di dalam industri kreatif sekaligus menjadi industri yang sangat strategis di dalam suatu negara. Peran strategis ini dapat diketahui dari digunakannya produk industri grafika sebagai salah satu tolok ukur dalam menilai kemajuan suatu bangsa. Semakin maju suatu bangsa, maka semakin banyak dan beragam serta semakin tinggi kualitas barang cetakan yang diproduksi oleh industri grafikanya. Hal ini diakibatkan oleh kondisi masyarakat yang semakin maju intelektualitas dan tingkat sosial ekonominya, sehingga tuntutan akan kuantitas dan kualitas barang cetakan sebagai salah satu media informasi dan komunikasi juga akan meningkat. Untuk menghasilkan produk grafika dalam jumlah banyak, beragam jenisnya dan bermutu tinggi dalam waktu singkat diperlukan kemampuan/profesionalisme SDM yang tinggi, peralatan dengan teknologi yang tinggi, mutu bahan baku yang baik, serta pengelolaan produksi yang baik pula.
Perkembangan teknologi dan peralatan grafika dalam dasawarsa terakhir ini, merupakan angin segar bagi kalangan industri pada tingkat dan kalangan tertentu, yaitu kalangan yang siap menerima perkembangan teknologi terkini di bidang financial maupun SDM-nya.
Sebagaimana telah kita ketahui bersama, industri grafika adalah industri yang sangat strategis sehingga semua lapisan masyarakat berlomba untuk menggeluti bidang ini baik pada skala kecil, menengah maupun besar atau berskala nasional. Pengelompokan usaha pada berbagai skala itu ditentukan oleh : besarnya dana yang diinvestasikan, jumlah dan beragamnya jenis peralatan dan mesin-mesin yang dimiliki, jumlah SDM yang terlibat di dalam usaha serta besarnya output yang bisa dihasilkan oleh usaha tersebut.
Dengan masuknya perkembangan teknologi grafika dari negara-negara maju seperti dari Eropa, Amerika juga dari beberapa negara Asia, baik dalam bidang pre-press, on-press maupun post-press beserta peralatan dan mesin-mesin yang demikian canggih, maka para pengusaha grafika di tanah air  yang merasa mampu, mulai menilai dan memilih teknologi dan mesin-mesin yang mana yang akan dibeli untuk lebih mengembangkan usahanya.
Suatu kesalahan besar apabila pemilihan dan pembelian peralatan/mesin-mesin hanya didasarkan pada kemampuan financial semata, tanpa memperhatikan kemampuan peralatan untuk memproses jenis pesanan/order serta  kesiapan SDM untuk mengoperasikan dan merawat mesin agar selalu berproduksi secara maksimal.  Ketidaktepatan pemilihan dan pembelian peralatan/mesin-mesin akan berakibat pada  kelangsungan hidup perusahaan, karena  investasi yang ditanam pada pembelian mesin itu harus mampu dikembalikan pada jangka waktu tertentu.
Tanpa perencanaan waktu pengembalian investasi yang jelas, maka perusahaan akan menanggung beban pinjaman investasi, dan ini akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup perusahaan.